Rabu, 05 Juni 2013

Download Kalender Pendidikan Baru

anthos

Tahun Pelajaran 2012/2013 tinggal menghitung hari, selanjutnya akan memasuki Tahun Pelajaran Baru 2013/2014 yang dimuali pertengahan Juni 2013. Nah untuk mempersiapkan kegiatan-kegiatan pendidikan dibutuhkan kalender pendidikan yang baru 2013/2014 sebagai acuan. 


Kalini, UPTD Dikpora Kecamatan Lembang akan berbagi Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2013/2014. Dengan memiliki Kalender Pendidikan ini, dapat membantu Bapak/Ibu guru dalam menyusun Program Tahunan dan Program Semester dan sebagainya.

Tahun Pelajaran 2013/2014 juga dimulai implementasi Kurulum 2013 di sekolah terpilih. Penerapan Kurikulum Tematik Integratif bagi Sekolah Dasar (SD) ini dilaksanakan secara bertahap, ditargetkan berlaku penuh tahun 2015. Selengkapnya Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat didownload di tuatan berikut ini:


File Kalender Pendidikan Tahun Pelarjaran 2013/2014 dishare dalam format excel, sehingga memudahkan Bapak/Ibu guru untuk mengedit dan menambahkan sesuatu yang mungkin diperlukan.
 

Jadwal Pengumuman Hasil UN SD Tahun 2013

Pengumuman UN SD/MI 2013 di selenggarakan di satuan pendidikan paling lambat tanggal 8 Juni 2013. Hal ini berbeda dengan ketentuan Pengumuman UN SMA sederajat dan SMP sederajat yang dipastikan serentak.

Penetapan jadwal pelaksanaan ujian dan pengumuman hasil ujian UN SD adalah tugas dan tanggung jawab Penyelenggara UN Tingkat Pusat.



Berikut ini kami sampaikan kegiatan ujian nasional:

Jadwal Ujian Nasional SD/MI 2013


No Mata Pelajaran Soal Waktu Tanggal
1 Bahasa Indonesia 50 120 menit 6 Mei 2013
2 Matematika 40 120 menit 7 Mei 2013
3 Ilmu Pengetahuan Alam 40 120 menit 8 Mei 2013

Setelah ujian SD/MI dilaksanakan maka panitia melaksanakan serangkaian kegiatan mulai dari pemindaian hasil UN 2013 s.d. pengumuman hasil ujian nasional. Berikut ini kami sampaikan ilustrasinya:

Kegiatan Lanjutan dan Pengumuman UN SD/MI 2013


No.Kegiatan Penanggung JawabTanggal
1 UN Susulan SD/MI, SDLB Penyelenggara UN Satuan Pendidikan 13-15 Mei 2013
2 Mencetak dan mendistribusikan blangko surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) ke provinsi dan luar negeri Penyelenggara Pusat --
3 Pengiriman hasil UN SD/MI, SDLB oleh penyelenggara UN Tingkat Provinsi ke Penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kota -- paling lambat tanggal 3 Juni 2013
4 Pengumuman kelulusan peserta didik SD/MI, SDLB dari satuan pendidikan -- paling lambat tanggal 8 Juni 2013

Demikian jadwal pengumuman ujian nasional SD/MI 2013 kami sampaikan, semoga bermanfaat dan sukseslah ujian nasional bagi siswa dan penyelenggara. Amin Ya Rabbal Alamin!

Sumber:
- Kemdikbud
- Bsnp

Copyright © 2013 PengumumanUn.com all rights reserved

Minggu, 02 Juni 2013

Mungkinkah ujian nasional dilakukan secara online?

anthos
Era digital memungkinkan semua proses pendidikan dapat dilaksanakan tidak harus dengan tatap muka, tapi dapat menggunakan perkembangan teknologi. Untuk ujian nasional misalnya, dengan menggunakan sistem sekolah digital, mungkin tidak ada lagi  kendala seperti distribusi soal, kesalahan dalam penggunaan lembar jawaban komputer, kesalahan pengunaan pensil 2B dan lain sebagainya. 

‘’Pertanyaannya mungkinkah ujian nasional dilakukan secara online? Ya mungkin saja. Saat ini model ujian secara online memang sudah banyak diterapkan di beberapa lembaga untuk tujuan sertifikasi,’’ ujar M. Syaifuddin, Kasie Kerjasama Puslatdikjur Jakarta Pusat.

 ‘’Untuk sebuah gagasan sah-sah saja bila ujian nasional online ini layak untuk dijadikan bahan kajian. Karena test kompetensi guru yang telah dilaksanakan sudah memulainya walaupun kendalanya banyak, akan tetapi hasilnya lebih baik,’’ katanya kemudian.

Bukan hanya ujian online, menurut Sjaiful Munir, pemerhati pembelajaran jarak jauh dari Universitas Terbuka, saat ini sudah saatnya ada semacam Sekolah Digital. Pembelajaran, pemberian tugas, penilaian, buku, semuanya secara digital. ‘’Siswa tak perlu repot lagi membawa buku ke sekolah,’’ ujarnya.

Bahkan Munir menunjuk contoh trend pembelajaran online yang sudah dijalankan beberapa negara seperti Inggris dan Amerika. ‘’Di setiap jenjang pendidikan, baik sekolah dasar maupun sekolah menengah, siswa tak perlu lagi membeli buku di setiap semester. Dengan dibuatkannya komputer tablet memungkinkan semua buku dimasukkan dalam satu paket hingga siswa selesai sekolah,’’ tegasnya.

Kelak, jika infrastruktur sudah baik, menurut Sjaiful Munir, perlu pula dibuat sekolah terbuka, bukan cuma universitas saja yang terbuka. ‘’Sekolah makin murah dan massif, dan sekolah bisa menjangkau untuk kalangan yang tidak mampu,’’ katanya.

sumber : republika.co.id

Fenomena Corat Coret Baju Seragam Setelah Pengumuman UN

corat-coret
anthos
Corat-coret baju seragam sekolah pada saat pengumuman kelulusan ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA sederajat adalah merupakan kebiasaan buruk yang terjadi secara turun temurun dan telah diturunkan ke adik-adik mereka yang ada di SMP bahkan lebih paranya lagi anak SD pun ikut terjangkiti. Seperti yang kita lihat di hari jum’at kemarin tanggal 24 Mei saat pengumuman kelulusan ujian nasional tingkat SMA sederajat aksi corat-coret baju seragam terjadi dimana-mana. Entah kapan dimulainya kebiasaan tersebut seingat saya dari jaman dulu kebiasaan corat-coret baju tersebut sudah ada. Sebagian orang mengatakan bahwa fenomena corat-coret baju saat pengumuman lulus adalah sebagai budaya dan sebagai kenangan indah bagi mereka. Tapi menurut saya itu bukan merupakan budaya dan kenangan, tapi sebagai kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan.
Usia remaja adalah usia pertumbuhan yang penuh dengan pemberontakan baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Sekolah sebagai lembaga formal untuk mendidik anak-anak. Di mana di dalamnya di ajarkan berbagai disiplin ilmu, cara berdisiplin, pembiasaan diri, bertanggung jawab, kerja keras sesuai dengan pendidikan karakter bangsa. Di mana pada tingkat pendidikan anak-anak sampai remaja mendidik karakter yang baik supaya sadar tahu mana yang salah dan mana yang benar yang disertai dengan contoh nyata dalam karakter Walaupun dalam hal kedisiplinan kita ambil saja satu contoh untuk merapikan baju seragam kadang-kadang harus dipaksakan dengan teguran.  Dalam fenomena mencurat-coret baju seragam rupanya mereka melihat contoh dari kakak kelasnya.
Di sekolah dari tingkat dasar dan menengah semua ilmu diajarkan kepada peserta didik walau sebenarnya peserta didik tidak semua menyukai dengan pelajaran tersebut. Ada beberapa mata pelajaran yang   tidak disukai sampai dibenci oleh para peserta didik misalnya matematika dan fisika. Dalam hal seragam di lingkungan sekolah harus selalu rapi bersih dilengkapi dengan berbagai atribut yang melekat  ini juga oleh sebagian remaja peserta didik merupakan bentuk pengekangan terhadap kebebasan mereka. Maka pada saat kelulusan seolah olah mereka ingin mengekspresikan diri bahwa sekarang saatnya untuk lepas dari semua aturan karena kami sudah lulus. Jadi corat coret terhadap baju seragam pada saat pengumuman kelulusan merupakan suatu bentuk pemberontakan terhadap peraturan di mana pada saat mereka lulus dari sekolah tersebut seakan peraturan tersebut tidak mengikat lagi.
Beberapa gambar di bawah ini saya peroleh dari siswa-siswi sekolah saya sendiri selepas pengumuman pelulusan Ujian Nasional 2013. Padahal pengumuman UN kami antar langsung ke rumah mereka untuk menghindari aksi corat-coret baju seragam, tapi tahu-tahu mereka berkumpul untuk aksi ini.
coret7

 
 
Fenomena tersebut adalah sebuah kebiasaan buruk, kami para guru kerap kali mencoba mengatasi hal tersebut misalnya dengan menghimbau kepada para siswa kelas 12 yang baru lulus untuk segera mengumpulkan baju seragam bekas yang layak pakai untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan misalnya panti atau korban sebuah bencana. Sebagian anak ada yang menuruti himbauan guru tapi ada juga yang tidak, ada juga mereka yang menyumbangkan pakaian bekasnya dan corat-coret juga, rupanya mereka memiliki dua atau lebih seragam ya untuk disumbangkan ada dan untuk di corat-coret juga ada.
Sekarang lebih buruknya bukan saat pengumuman kelulusan ini malah di beberapa tempat ada yang corat-coret baju seragam tersebut pada saat hari terakhir pelaksanaan UN. Rupanya mereka sudah yakin lulus kali ya? Ini benar benar “potret suram dunia pendidikan” ujar sebuah head lines sebuah berita media cetak. Mereka dengan ekpresif saling mencoret-coret baju seragam teman-temannya seolah olah lepaslah semua beban yang sebelumnya dihadapi padahal UN bukan lah akhir dari segalanya  karena ada ujian lain yang lebih berat dari UN yaitu ujian dalam kehidupan.

Membuat Quiz Interaktif Menggunakan Hot Potatoes

hot7
anthos
Anda dapat mencoba berkreasi untuk membuat Quiz Interaktif menggunakan aplikasi Hot Potatoes. Dilihat dari namanya aplikasi ini seperti nama makanan, tetapi aplikasi Hot Potatoes merupakan aplikasi hasil rancangan dari Research and Development Team at the University of Victoria Humanities Computing and Media Centre yang dapat digunakan untuk membuat kuis interaktif dalam format HTML (Hypertext Markup Language).
Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis jika digunakan untuk kepentingan pendidikan. Dengan catatan pengguna harus register terlebih dahulu agar tidak dibatasi dalam jumlah soal yang akan dibuat. Jika tidak melakukan register terlebih dahulu pengguna hanya dapat membuat soal sebanyak tiga soal saja per kuis yang dibuat. Anda tidak perlu khawatir tentang cara menggunakan aplikasi Hot Potatoes ini, karena pengguna tidak paham terhadap HTML maupun javascript bisa dengan mudah menggunakannya.
Caranya pengguna hanya memasukkan data soal, jawaban, dan feedback (jika diperlukan) selanjutnya program akan membuat tampilannya dalam bentuk halaman web. Bagi anda yang mengerti tentang HTML dan javascript anda dapat melakukan kostumasi lebih lanjut lagi karena source code juga diberikan.
Kemudian apa saja yang dapat kita lakukan dengan aplikasi ini ? Dengan aplikasi Hot Potatoes ini kita dapat membuat beberapa format kuis. Untuk versi 6.0 keatas ada lima menu utama, yaitu JQuiz, JMix, JCross, JMatch, dan JCloze. Dari masing-masing menu secara detailnya penggunaannya adalah sebagai berikut :
1. JQuiz
Merupakan penggabungan dari JQuiz dan JBC yang ada dalam versi sebelumnya. Dengan JQuiz pengguna dapat membuat antara lain :
  • Soal bentuk pilihan ganda dengan jumlah option yang bisa diatur jumlahnya.
  • Soal isian singkat yang tersedia kotak text untuk kolom jawabannya.
  • Soal gabungan dari soal pilihan ganda dan isian singkat, yaitu soal yang harus dijawab dengan mengisi kotak text, tetapi jika jawaban pertama salah maka muncul pilihan jawabannya.
  • Soal pilihan ganda majemuk, yaitu soal dengan pilihan jawaban lebih dari satu.
2. JMix
Ini sangat cocok untuk membuat soal bahasa, yaitu untuk membuat kuis dengan membuat acak kata dan acak kalimat. Misalnya menyusun kata menggunakan huruf yang tidak beraturan (t a k m i t a e a m dari kata matematika). Untuk menyusunnya dapat mengklik hurufnya atau menarik dan menyusun hurufnya.
3. JCross
Digunakan untuk membuat teka teki silang. Hanya dengan menginput jawaban secara berurutan dan mengklik perintah “manage grid” maka soal bentuk TTS sudah jadi tinggal memberi clue untuk masing-masing jawabannya.
4. JMatch
Digunakan untuk membuat soal bentuk menjodohkan. Caranya masukkan kata-kata untuk sebelah kiri dan pasangannya untuk sebelah kanan. Dan program akan otomatis mengacak pasangan soal dan jawaban tersebut saat kita menekan perintah “create web page”.
5. JCloze
Ini untuk membuat melengkapi kalimat. Untuk membuatnya kita harus memasukkan kalimat atau paragraf secara lengkap. Tandai daerah yang akan dikosongkan dengan perintah “gap” maka ketika sudah jadi akan ada bagian yang kosong yang harus diisi oleh siswa.
Untuk aplikasi Hot Potatoes ini anda dapat mengunduhnya secara gratis disini. Jika sudah diunduh selanjutnya instal aplikasi tersebut dalam laptop maupun PC. Selanjutnya aplikasi dapat digunakan.

Memanfaatkan Aplikasi GeoGebra Dalam Pembelajaran Matematika

geogebratube
anthos
Menggunakan Aplikasi Geogebra dalam pembelajaran Matematika sebenarnya salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk dapat lebih mudah dalam memahami suatu materi. Namun tidak semua guru belum mampu untuk membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi geoGebra ini. Tapi buat rekan guru yang belum bisa membuat bahan ajar menggunakan aplikasi geoGebra tidak perlu khawatir, karena kita juga dapat mencari contoh media yang dibuat dengan GeoGebra yang dipublikasikan di internet. Media GeoGebra ini memiliki ekstensi GGB. Salah satu situs web yang memuat media GeoGebra adalah GeogebraTube.org.
Adapun langkah-langkah pencarian media GeoGebra di GeogebraTube adalah sebagai berikut:
a. Buka situs GeoGebraTube yang beralamat di geogebratube.org.
b. Lakukan pencarian dengan memilih terlebih dahulu bahasa yang digunakan (1) kemudian menuliskan kata kunci terkait dengan tema dimaksud pada kolom pencarian (2).
geogebraku2
c. Hasil pencarian terhadap kata kunci yang dimasukkan akan tampil dengan setiap halaman secara default akan memuat 10 hasil pencarian. Selain itu kita dapat menentukan kriteria pengurutan apakah berdasar relevansi, tanggal, judul dan rating dengan memilih pilihan pada bagian bahan terbaru.
geogebraku4
d. Pilih salah satu hasil pencarian dengan mengklik pada thumbnail atau link sehingga akan tampil informasi yang lebih lengkap mengenai media tersebut.
geogebraku3
e. Untuk menampilkan media secara online klik pada tombol menuju lembar kerja siswa sehingga akan terbuka halaman baru yang berisi tampilan media GeoGebra dimaksud.
geogebraku5
Selain menampilkan secara online, media GeoGebra ini juga dapat diunduh sehingga dapat ditampilkan secara lokal tanpa harus terkoneksi internet. File yang diunduh memiliki ekstensi .ggb dan nantinya dapat dijalankan menggunakan aplikasi GeoGebra yang sebelumnya harus sudah diinstal di komputer.
Cara mengunduh file .ggb dari GeoGebraTube adalah klik pada bagian Download. Jika ada konfirmasi untuk pengunduhan, pilih pada bagian Save File lalu klik OK. Setelah itu kita tentukan tempat atau folder dimana file tersebut akan disimpan. Klik tombol Save untuk menyimpan. Setelah proses pengunduhan file selesai maka kita sudah memiliki file .ggb di komputer kita. File ini dapat dijalankan tanpa harus terkoneksi internet. Caranya adalah dengan membuka aplikasi GeoGebra. Pilih menu File-Open kemudian pilih file .ggb dimaksud.

Cara Pengajuan NUPTK Baru

NUPTK
anthos
Tidak sedikit rekan guru yang belum mempunyai NUPTK dan tidak tahu bagaimana harus mendapatkannya. Maka dalam kesempatan ini saya akan berbagi informasi bagaimana cara mengajukan NUPTK. Untuk mendapatkan NUPTK baru, pihak sekolah atau PTK sendiri melakukan proses pengajuan data yang secara online melalui kantor Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat. Data pengajuan NUPTK dinyatakan valid setelah berkas PTK (hard copy) diserahkan dan diterima Operator Pendataan NUPTK Dinas Pendidikan Kab/Kota.


Adapum berkas yang harus disiapkan dalam pengajuan NUPTK adalah sebagai berikut :
  1. Mengisi formulir NUPTK download disini.
  2. SK awal/SK akhir baik itu SK Yayasan, SK GTT/GTY, SK Bupati/walikota.
  3. SK Pembagian tugas dari sekolah
  4. Surat keterangan aktif melaksanakan tugas
  5. Ijasah terakhir
Semua berkas tersebut dibawa ke Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk diserahkan kepada Operator Pendataan NUPTK.
Setiap daerah mungkin saja berbeda urutan atau berkas untuk pendaftran NUPTK baru. Itulah gambaran secara umum cara mendapatkan NUPTK baru, untuk lebih jelas bisa bertanya atau mencari informasi di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
Jika anda sudah mempunyai NUPTK dan ada masalah dengan NUPTK tersebut seperti pada gambar berikut :
kesalahan NUPTK
Maka ada beberapa kemungkinan mengapa demikian, antara lain : 1.NUPTK masih baru atau belum termigrasi ke data di p2tk. 2. NUPTK tersebut bisa dinyatakan palsu untuk membuktikan palsu atau tidaknya sementara ini bisa di cek menggunkan NUPTK web browser, dan jika ternyata NUPTK tersebut ada datanya di web browser berarti kembali ke alasan pertama. 3. Ini bukan kesalahan operator sekolah walaupun di aplikasi dan manajemen sudah ada baik jumlah jam mengajar dan mapel yang diajarkannya tetapi di pengecekan data guru tidak ada. 4. jika ingin mempercepat data termigrasi ke pihak p2tk silahkan coba koordinasi dengan operator NUPTK di kabupaten/kota di wilayah anda.

Pemutakhiran Data NUPTK, yang wajib diikuti oleh PTK.

nuptk
anthos
NUPTK dibangun oleh Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas tahun 2006. Seiring dengan program Reformasi Birokrasi, NUPTK sejak tahun 2011 dikelola oleh Sekretariat Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dalam perkembangannya, NUPTK menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti program-program Kementrian lainnya, antara lain:
  • Sertifikasi PTK
  • Uji Kompetensi PTK
  • Diklat PTK, dan
  • Aneka Tunjangan PTK
Cara Mengunduh Formulir Verval PTK
  1. Buka alamat http://padamu.kemdikbud.go.id
  2. Pada kolom unduh formulir isi Nama atau NUPTK anda dan isi daerah/lokasi dari sekolah induk anda. Kemudian klik cari data.
  3. Pilih jawaban sesuai, pertanyaan 1 tentang posisi anda sekarang (pengawas atau guru) dan pertanyaan 2 Aktif atau tidak di sekolah induk saat ini. Kemudian klik unduh A01.
  4. Simpan file A01 yang sudah diunduh.
Mengapa harus VerVal Ulang NUPTK 2013?
  1. NUPTK yang dikelola oleh PMPTK sejak tahun 2006 – 2010 kemudian dikelola oleh BPSDMPK-PMP sejak 2011 menjadi kode referensi utama untuk dapat mengikuti berbagai program pengembangan PTK yang dilaksanakan oleh Kemdikbud, antara lain: Sertifikasi, Uji Kompetensi, Diklat, dan Aneka Tunjangan PTK lainnya.
  2. BPSDMPK-PMP yang bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pengelolaan NUPTK sangat berkepentingan melakukan VerVal Ulang NUPTK 2013 dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pendidikan nasional khususnya para PTK.
  3. Dengan peran aktif PTK dalam melaksanakan program VerVal Ulang NUPTK periode 2013 ini. BPSDMPK-PMP dapat membantu progress penjaminan peningkatan mutu para PTK dengan lebih obyektif, transparan, akurat dan berkesinambungan.
  4. Data PTK hasil VerVal Ulang NUPTK yang dikelola oleh BPSDMPK-PMP akan menjadi sumber referensi utama untuk pelaksanaan program-program peningkatan mutu PTK yang dilaksanakan oleh Direktorat Kemdikbud terkait pada tahapan selanjutnya.
Apa manfaat bagi PTK?
  1. Setiap PTK diberi akun login untuk dapat memutakhirkan data personal masing-masing setiap saat setiap waktu darimana saja secara online 24 jam.
  2. Setiap PTK akan diberi fasilitas media jejaring sosial untuk saling berbagi, berkomunikasi dan berkolaborasi antar PTK se-Indonesia.
  3. Setiap PTK akan memiliki Kartu Digital NUPTK yang uptodate.
Prosedur Verval ulang untuk PTK (Pendidik & Tenaga Kependidikan)
alur-01
Alur ini menggambarkan prosedur awal yang dijalani oleh PTK, dalam pengambilan Formulir. PTK mengisi dan melengkapi berkas prasyarat yang tercantum dalam formulir. Setelah Formulir diserahkan dan diperiksa oleh Petugas, PTK mendapatkan Tanda Bukti VerVal lv.1
alur-02
Alur ini dijalani oleh PTK setelah mendapatkan Tanda Bukti VerVal Level 1 dari petugas. PTK melakukan pengisian. Formulir Data Rinci secara online pada situs http://padamu.siap.web.id. Akun untuk login dan mengakses formulir online tersebut tertera didalam Tanda Bukti
Prosedur untuk Petugas (Admin / Operator)
alur-03
Alur ini dijalani oleh Petugas di lokasi Dinas Pendidikan setelah menerima Formulir A02 / A03 / A04 dari PTK. Setelah formulir diverifikasi, petugas memberikan Formulir A01 untuk PTK yang menyerahkan Formulir A02 & A03, sedangkan untuk PTK yang menyerahkan Formulir A04, petugas memberikan Tanda Bukti VerVal lv.1
alur-04
Alur ini dijalani oleh Petugas di lokasi Sekolah setelah menerima Formulir A01 dari PTK. Setelah formulir diverifikasi, petugas memberikan Tanda Bukti VerVal lv.1 kepada PTK. Jika data PTK tidak ditemukan dalam sistem, maka petugas memberikan Formulir A02 kepada PTK.
alur-05
Alur ini dijalani oleh Petugas di lokasi Sekolah maupun di lokasi Dinas Pendidikan, setelah menerima Pengajuan VerVal berupa KODE VerVal dari PTK. Setelah melakukan verifikasi dan validasi hasil isian PTK, petugas memberikan Tanda Bukti VerVal Lv. 2 kepada PTK.
Perhatian : Pemilik NUPTK dan masih aktif sebagai PTK (Pendidik & Tenaga Kependidikan) diwajibkan melakukan pemutakhiran NUPTK. Bagi PTK yang tidak melakukan pemutakhiran data NUPTK, otomatis akan dinyatakan TIDAK AKTIF.
Sumber : padamu.kemendikbud.go.id

Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2013

DAK pendidikan 2013

Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan tahun anggaran 2013 diperuntukkan bagi SMA dan SMK dalam rangka menunjang program Pendidikan Menengah Universal yang bermutu dan merata serta mencapai Standar Nasional Pendidikan.


Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2013 merupakan tahun pertama dialokasikannya dana pembangunan Pendidikan Menengah yang disalurkan langsung ke Rekening Kas Umum Daerah (kabupaten/kota) melalui pemindahbukuan dari Rekening Kas Pemerintah. Alokasi DAK Bidang Pendidikan Menengah Tahun Anggaran 2013 untuk SMA dan SMK sebesar Rp. 4.016.520.000.000 (empat triliun enam belas milyar lima ratus dua puluh juta rupiah).
Kabupaten/Kota yang berhak menerima DAK bidang pendidikan Tahun anggaran 2013 untuk alokasi SMA sebanyak 441 Kabupaten/Kota dan alokasi SMK sebanyak 434 Kabupaten/Kota. Penentuan Kabupaten/Kota dan besarnya alokasi dana ditentukan atas dasar kriteria umum, kriteria khusus, dan kriteria teknis yang ditentukan oleh Kementerian Keuangan berdasarkan PP Nomor 55 tahun 2005. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berkewajiban memberikan data teknis yaitu jumlah sekolah yang rusak, kebutuhan perpustakaan, kebutuhan laboratorium, kebutuhan peralatan laboratorium, kebutuhan buku teks pelajaran dan kebutuhan buku referensi di setiap Kabupaten/Kota yang akan menjadi penerima DAK untuk dijadikan kriteria teknis oleh Kementerian Keuangan.
Penggunaan DAK bidang Pendidikan Menengah pada tahun 2013 diprioritaskan sebagai berikut :
1. Penggandaan dan distribusi buku teks pelajaran diprioritaskan untuk seluruh peserta didik kelas X tahun pelajaran 2013/2014 sesuai dengan kurikulum 2013.
2. Rehabilitasi ruang belajar rusak berat termasuk dengan perabotnya.
3. Pengadaan sarana dan prasarana peningkatan mutu pendidikan terdiri atas:
  • Pengadaan Peralatan Laboratorium;
  • Pengadaan Buku Referensi;
  • Pembangunan Laboratorium; dan
  • Pembangunan Perpustakaan.
Semoga dengan program ini mendorong Pemerintah Daerah untuk memiliki komitmen yang lebih tinggi dalam membangun pendidikan di daerahnya masing-masing. Selanjutnya untuk detail penjelasan DAK bidang Pendidikan Menengah tahun 2013 dapat dilihat pada Juknis terlampir yang bisa di download disini.
Sumber : dikmen.kemendiknas.go.id

Solusi Permasalahan SK Tunjangan Profesi Guru

LEMBAR SOLUSI PERMASALAHAN SK TUNJANGAN PROFESI

1 Masalah Sudah Update Data di Dapodik namun tidak bisa login untuk Cek Info PTK
Penyebab
  • Kesalahan pada NUPTK atau tanggal lahir
  • Data belum masuk ke database P2TK
  • Format tanggal berubah karena perbedaan setting waktu pada computer (Indonesia dd-mm-yyyy, USA : mm-dd-yyyy)
Solusi
  • Periksa kembali NUPTK dan Tanggal Lahir Pada Dapodik, pastikan sudah benar
  • Pastikan data sudah “Berhasil Diproses” melalui manajemen pendataan (http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id)
  • Coba kombinasi bulan dan tanggal lahir pada password. Yyyymmdd dan yyyyddmm

2 Masalah Sudah Update Data di Dapodik namun belum muncul Perbaikannya di Lembar Info PTK
Penyebab
  • Proses Import data ke server Dapodik gagal
  • Belum Sinkronisasi antara Server Dapodik dengan Sever P2TK
Solusi

3 Masalah NUPTK Tidak Valid pada Lembar Info
Penyebab
  • Nama pada database NUPTK berbeda dengan nama pada Dapodik
  • NUPTK yang dientri pada dapodik milik orang lain
Solusi
  • Pastikan NUPTK adalah milik anda. Referensi NUPTK yang valid bisa didapatkan melalui Opr. NUPTK Dinas kab/Kota, opr. NUPTK LPMP atau operator NUPT pusat (Gedung D lantai 16)
  • Jika kesalahan pada Database NUPTK,
ü  perbaiki nama anda melalui operator NUPTK.
ü  Minta Cetak Lembar NUPTK hasil Perbaikan menggunakan aplikasi Web Browser NUPTK
ü  Bawa Lembar NUPTK tersebut ke P2TK Dikdas agar dapat disesuaikan
  •  Jika kesalahan pada Dapodik
ü  perbaiki nama anda melalui operator Sekolah.
ü  Upload data dan tunggu hasilnya dalam beberapa hari

4 Masalah NUPTK Valid namun Data Kelulusan tidak ditemukan
Penyebab
  • NUPTK pada dapodik berbeda dengan NUPTK pada data Kelulusan (Cek di SK TP Tahun lalu)
  • NUPTK pada Data Kelulusan menggunakan NUPTK Sementara (9999XXX, 9000XXXX, 9898XXXX)
  • Mutasi dari Luar Diknas
  • Mutasi Dari Luar Dikdas
Solusi
  • Perbaiki NUPTK Melalui operator Tunjangan Dinas Kab/Kota
  • Jika mutasi dari Luar Dikdas atau Luar Diknas, harus diinput kelulusannya oleh operator Tunjangan Dinas Kab/Kota. Pengelola pusat akan melakukan verifikasi dari kelulusan tersebut sebelum bisa diajukan penerbitan SK TP nya. Bawalah berkas-berkas lengkap ke Dinas Pendidikan Kab/Kota, diantaranya :
  1. SK Mutasi
  2. Sertifikat yang sudah dilegalisir
  3. Fotocopy kartu NUPTK/NRG
  4. Dan berkas pendukung lain

5 Masalah NUPTK Valid namun Data Kelulusan Milik Orang Lain
Penyebab
  • NUPTK anda dipakai oleh orang Lain
Solusi
  • Segera Laporkan ke dinas setempat dengan membawa bukti bahwa NUPTK milik anda.
  • Operator akan mengusulkan perbaikan data kelulusan orang lainyang menggunakan NUPTK data anda ke pusat. Proses ini akan memakan waktu beberapa hari
  • Jika anda belum memiliki NRG, laporkan juga agar dapat diusulkan NRG nya

6 Masalah Jumlah Jam Mengajar Kosong
Penyebab
  • Belum melakukan mapping Rombel (penugasan Guru mengajar pada rombel)
Solusi
  • Perbaiki data melalui operator Sekolah
  • Pastikan Isian matapelajaran dan JJM sudah Benar
7 Masalah JJM Ada namun JJM Liner Kosong
Penyebab
  • Belum Sertifikasi
  • Datakelulusan Tidak ditemukan sehingga tidak diketahui Bidang Studi Sertifikasi yang diambil (lihat Solusi No. 4)
  • Matapelajaran yang diajarkan tidak sesuai dengan Bidang studi yang diampu. Pelajari Lampiran mengenai Matapelajaran yang linier dengan Bidang Studi Serifikasi
Solusi
  • Lihat jawaban no 4.
  • Jika kesalahan karena pengisian matapelajaran, perbaiki data anda di dapodik. Jika kenyataanya memang demikian, usahakan mengajar matapelajaran yang sesuai.

8 Masalah Rombongan Belajar Tidak Normal
Penyebab
  • Jumlah Jam Mengajar dalam rombel melebihi ketentuan
Solusi
  • Perbaiki mapping penugasan dalam Rombel agar sesuai dengan Kurikulum KTSP (lihat lampiran tentang jjm Rombel Normal)

9 Masalah Sudah SK namun Gaji Pokok Tidak Sesuai (PNS-DAU)
Penyebab
  • Kesalahan pengisian Riwayat Gaji Berkala pada Dapodik
Solusi
  • Perbaiki data Riwayat Gaji Berkala pada aplikasi Dapodik
  • Laporkan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota agar ada penyesuain Tunjangan. Gaji pokok yang digunakan ada yang sesuai dengan SK KGB per Desember 2012. Bawalah berkas yang dibutuhkan, diantaranya :
  1. SK Gaji Berkala per Desember 2012
  2. Sertifikat yang sudah dilegalisir
  3. Fotocopy kartu NUPTK/NRG
  4. Dan berkas pendukung lain
  • Sesuai dengan diktum pada SK –TP bahwa Kepala Dinas berhak melakukan perbaikan jika ada kesalahan pada SK dengan menyertakan berkas berkas yang sah, sehingga tidak perlu perbaikan SK.

10 Masalah Sudah SK namun Gaji Pokok Tidak Sesuai (PNS-DEKON)
Penyebab
  • Kesalahan pengisian Riwayat Gaji Berkala pada Dapodik
Solusi
  • Perbaiki data Riwayat Gaji Berkala pada aplikasi Dapodik
  • Laporkan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota agar ada penyesuain Tunjangan. Gaji pokok yang digunakan ada yang sesuai dengan SK KGB per Desember 2012. Bawalah berkas yang dibutuhkan, diantaranya :
  1. SK Gaji Berkala per Desember 2012
  2. Sertifikat yang sudah dilegalisir
  3. Fotocopy kartu NUPTK/NRG
  4. Dan berkas pendukung lain
  • Dinas Kab/Kota mengajukan penyesuaian gaji Pokok melalui aplikasi Tunjangan

11 Masalah Sudah SK namun Gaji Pokok Tidak Sesuai (NON PNS-DEKON)
Penyebab
  • Data Inpassing Tidak valid (bukan dari isian Dapodik, namun data inpassing dari Biro Kepegawaian)
Solusi
  • Lakukan update data pada dapodik. Isikan data riwayat gaji berkala dengan benar (jika non PNS dan sudah inpassing isilah sebagaimana isian Golongan dan Masakerja PNS namun status tetap  Non PNS)
  • Laporkan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota agar ada penyesuaian Tunjangan. Gaji pokok yang digunakan ada yang sesuai dengan SK Inpassing. Bawalah berkas yang dibutuhkan, diantaranya :
  1. SK Inpassing
  2. Sertifikat yang sudah dilegalisir
  3. Fotocopy kartu NUPTK/NRG
  4. Dan berkas pendukung lain
  • Dinas Kab/Kota mengajukan penyesuaiangaji Pokok melalui aplikasi Tunjangan

12 Masalah Sudah SK namun Tempat Tugas bukan Sekolah Induk
Penyebab
  • Kesalahan mengisi sekolah induk pada Dapodik
Solusi
  • Pada umumnya tidak masalah dengan Pencairan tunjangan sepanjang ada Surat Keterangan dari Sekolah yang tercantum dalam SK bahwa ybs mengajar di sekolah tersebut.
  • Jika dipermasalahkan maka dapat mengajukan perbaikan SK melalui Operator Tunjangan Dinas Kab/Kota

13 Masalah Sudah SK namun NUPTK, NRG dan Rek. Bank milik orang lain
Penyebab
  • Data kelulusan menggunakan NUPTK orang lain
Solusi
  • Laporkan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota. Bawalah berkas yang dibutuhkan
  • Dinas Kab/Kota mengajukan pembatalan SK agar dapat diperbaiki data kelulusannya.
  • Setelah pembatalan disetujui pusat, operator Dinas Kab Kota akan melakukan perbaikan data kelulusan.
  • Operator Dinas akan mengajukan SK baru untuk ybs

14 Masalah Data sudah memenuhi syarat, namun SK tak kunjung Terbit
Penyebab
  • Data pendukung kurang
Solusi
  • Tanyakan pada operator apa status dokumen anda
  • Jika status masih edit, kemungkinan masih ada kekurangan data anda diantaranya :
  1. Masa Kerja dan Golongan tidak diisi
  2. Status Kepegawaian tidak diisi
  3. No Rekening Bank belum ada
  4. NRG Belum ada
  5. NUPTK di data kelulusan menggunakan NUPTK orang Lain
  • Perbaiki isian Masa kerja, Golongan pada aplikasi dapodik
  • Jika menggunakan Rekening dari Pusat, tanyakan kepada operator pusat yang mengurus pembukaan rekening
————————