Minggu, 02 Juni 2013

Memanfaatkan Aplikasi GeoGebra Dalam Pembelajaran Matematika

geogebratube
anthos
Menggunakan Aplikasi Geogebra dalam pembelajaran Matematika sebenarnya salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk dapat lebih mudah dalam memahami suatu materi. Namun tidak semua guru belum mampu untuk membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi geoGebra ini. Tapi buat rekan guru yang belum bisa membuat bahan ajar menggunakan aplikasi geoGebra tidak perlu khawatir, karena kita juga dapat mencari contoh media yang dibuat dengan GeoGebra yang dipublikasikan di internet. Media GeoGebra ini memiliki ekstensi GGB. Salah satu situs web yang memuat media GeoGebra adalah GeogebraTube.org.
Adapun langkah-langkah pencarian media GeoGebra di GeogebraTube adalah sebagai berikut:
a. Buka situs GeoGebraTube yang beralamat di geogebratube.org.
b. Lakukan pencarian dengan memilih terlebih dahulu bahasa yang digunakan (1) kemudian menuliskan kata kunci terkait dengan tema dimaksud pada kolom pencarian (2).
geogebraku2
c. Hasil pencarian terhadap kata kunci yang dimasukkan akan tampil dengan setiap halaman secara default akan memuat 10 hasil pencarian. Selain itu kita dapat menentukan kriteria pengurutan apakah berdasar relevansi, tanggal, judul dan rating dengan memilih pilihan pada bagian bahan terbaru.
geogebraku4
d. Pilih salah satu hasil pencarian dengan mengklik pada thumbnail atau link sehingga akan tampil informasi yang lebih lengkap mengenai media tersebut.
geogebraku3
e. Untuk menampilkan media secara online klik pada tombol menuju lembar kerja siswa sehingga akan terbuka halaman baru yang berisi tampilan media GeoGebra dimaksud.
geogebraku5
Selain menampilkan secara online, media GeoGebra ini juga dapat diunduh sehingga dapat ditampilkan secara lokal tanpa harus terkoneksi internet. File yang diunduh memiliki ekstensi .ggb dan nantinya dapat dijalankan menggunakan aplikasi GeoGebra yang sebelumnya harus sudah diinstal di komputer.
Cara mengunduh file .ggb dari GeoGebraTube adalah klik pada bagian Download. Jika ada konfirmasi untuk pengunduhan, pilih pada bagian Save File lalu klik OK. Setelah itu kita tentukan tempat atau folder dimana file tersebut akan disimpan. Klik tombol Save untuk menyimpan. Setelah proses pengunduhan file selesai maka kita sudah memiliki file .ggb di komputer kita. File ini dapat dijalankan tanpa harus terkoneksi internet. Caranya adalah dengan membuka aplikasi GeoGebra. Pilih menu File-Open kemudian pilih file .ggb dimaksud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar