Minggu, 02 Juni 2013

Membuat Quiz Interaktif Menggunakan Hot Potatoes

hot7
anthos
Anda dapat mencoba berkreasi untuk membuat Quiz Interaktif menggunakan aplikasi Hot Potatoes. Dilihat dari namanya aplikasi ini seperti nama makanan, tetapi aplikasi Hot Potatoes merupakan aplikasi hasil rancangan dari Research and Development Team at the University of Victoria Humanities Computing and Media Centre yang dapat digunakan untuk membuat kuis interaktif dalam format HTML (Hypertext Markup Language).
Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis jika digunakan untuk kepentingan pendidikan. Dengan catatan pengguna harus register terlebih dahulu agar tidak dibatasi dalam jumlah soal yang akan dibuat. Jika tidak melakukan register terlebih dahulu pengguna hanya dapat membuat soal sebanyak tiga soal saja per kuis yang dibuat. Anda tidak perlu khawatir tentang cara menggunakan aplikasi Hot Potatoes ini, karena pengguna tidak paham terhadap HTML maupun javascript bisa dengan mudah menggunakannya.
Caranya pengguna hanya memasukkan data soal, jawaban, dan feedback (jika diperlukan) selanjutnya program akan membuat tampilannya dalam bentuk halaman web. Bagi anda yang mengerti tentang HTML dan javascript anda dapat melakukan kostumasi lebih lanjut lagi karena source code juga diberikan.
Kemudian apa saja yang dapat kita lakukan dengan aplikasi ini ? Dengan aplikasi Hot Potatoes ini kita dapat membuat beberapa format kuis. Untuk versi 6.0 keatas ada lima menu utama, yaitu JQuiz, JMix, JCross, JMatch, dan JCloze. Dari masing-masing menu secara detailnya penggunaannya adalah sebagai berikut :
1. JQuiz
Merupakan penggabungan dari JQuiz dan JBC yang ada dalam versi sebelumnya. Dengan JQuiz pengguna dapat membuat antara lain :
  • Soal bentuk pilihan ganda dengan jumlah option yang bisa diatur jumlahnya.
  • Soal isian singkat yang tersedia kotak text untuk kolom jawabannya.
  • Soal gabungan dari soal pilihan ganda dan isian singkat, yaitu soal yang harus dijawab dengan mengisi kotak text, tetapi jika jawaban pertama salah maka muncul pilihan jawabannya.
  • Soal pilihan ganda majemuk, yaitu soal dengan pilihan jawaban lebih dari satu.
2. JMix
Ini sangat cocok untuk membuat soal bahasa, yaitu untuk membuat kuis dengan membuat acak kata dan acak kalimat. Misalnya menyusun kata menggunakan huruf yang tidak beraturan (t a k m i t a e a m dari kata matematika). Untuk menyusunnya dapat mengklik hurufnya atau menarik dan menyusun hurufnya.
3. JCross
Digunakan untuk membuat teka teki silang. Hanya dengan menginput jawaban secara berurutan dan mengklik perintah “manage grid” maka soal bentuk TTS sudah jadi tinggal memberi clue untuk masing-masing jawabannya.
4. JMatch
Digunakan untuk membuat soal bentuk menjodohkan. Caranya masukkan kata-kata untuk sebelah kiri dan pasangannya untuk sebelah kanan. Dan program akan otomatis mengacak pasangan soal dan jawaban tersebut saat kita menekan perintah “create web page”.
5. JCloze
Ini untuk membuat melengkapi kalimat. Untuk membuatnya kita harus memasukkan kalimat atau paragraf secara lengkap. Tandai daerah yang akan dikosongkan dengan perintah “gap” maka ketika sudah jadi akan ada bagian yang kosong yang harus diisi oleh siswa.
Untuk aplikasi Hot Potatoes ini anda dapat mengunduhnya secara gratis disini. Jika sudah diunduh selanjutnya instal aplikasi tersebut dalam laptop maupun PC. Selanjutnya aplikasi dapat digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar